Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online / Ecommerce / Online Marketing

Pemasaran online mempunyai kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan dan disiasati agar tidak mengganggu produktivitas penjualan. Pemasaran online memang akan meningkatkan penjualan produk   tetapi  perlu waspada pada kekurangannya. Kekurangan-kekurangan ini akan membuat usaha kita menjadi tidak berkembang. Untuk itulah kita harus berusaha untuk memperkecil kelemahan tersebut dan menonjolkan sisi manfaat dan positifnya. Berikut adalah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online / Ecommerce / Online Marketing sebagai berikut :


Kelebihan pemasaran online adalah :

1. Buka 24 jam non stop

Sebuah toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja misalkan dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. dengan menggunakan toko online hal itu bisa teratasi. Meskipun begitu ada juga beberapa toko modern yang buka 24 jam, dengan resiko biaya yang membengkak sehingga terkesan sedikit mahal. Sebuah toko online mampu menggelar dagangan 24 jam penuh tanpa harus ada penambahan biaya operasional

2. Mudah dan cepat untuk menemukan barang yang dicari

Proses mencari barang dapat dilakukan secepat kilat dari manampun asal tersedia koneksi internet, dan dapat dilakukan dari mana saja.

3. Proses pembadingan harga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat tinggal membuka beberapa toko online dibandingkan harus mendatangi toko konvensional satu persatu.

4. Low investment.

Untuk mempunyai toko online biasanya modal yang diperlukan sangatlah jauh daripada kita harus membuka toko konfensional. Hanya perlu domain dan hosting. tanpa perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). Tanpa perlu untuk meng-hire / membayar karyawan. Dan asiknya lagi tanpa harus mempunyai barang yang dijual atau ditawarkan.



Selain kelebihan, berikut ada kelemahan yang bisa jadikan acuan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Kekurangan pemasaran online adalah :

1. Unable cash and carry.

Barang yang dibeli melalui toko online biasanya tidak langsung sampai ke tangan si pelanggan karena harus menunggu beberapa jam atau beberapa hari tergantung letak toko online tersebut karena adanya proses pengiriman. Si pembeli juga cendrung merasa was was jika melakukan proses pembayaran terlebih dahulu dan juga kadang dibebani ongkos kirim.

2. Informasi tentang produk hanya berupa teks dan gambar.

Toko online biasannya hanya memasang text (penjelasan) dan gambar saja atau kadang juga berupa animasi. Hal ini juga menjadi kekurangan toko online karena di toko konfensional kita bisa memperhatikan detail daripada produk yang dijual secara detail.

3. Hanya menjangkau kalangan yang tahu internet.

4. Bagi sebagian orang, biaya internet mahal.

5. Tingkat keterbacaan cuma 50%, selebihnya diabaikan.
Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online / Ecommerce / Online Marketing Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online / Ecommerce / Online Marketing Reviewed by Alisha Mahmud on October 02, 2018 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.